Ide Rumah Mungil Agar Terkesan Luas

Diposting pada

Ide Rumah Mungil Agar Terkesan Luas

Ide Rumah Mungil Agar Terkesan LuasMemiliki rumah dengan lahan terbatas, membutuhkan penataan ruang secara cermat. Selain ruangan terasa luas dan nyaman, namun juga agar efsien dan prakts. Jika lahan yang ada terbatas, perluasan rumah tdak semata-mata mengarah secara vertkal, namun bisa memanfaatkan bagian-bagian dalam rumah. Misalnya dengan memanfaatkan atc, mezzanine atau menerapkan konsep split level. Konsep rumah split level adalah konsep bangunan yang dibuat lebih dari satu lantai, namun dibagi (menjadi dua) bagian ketnggian lantainya. Perbedaan tnggi lantai antara ruang satu dengan yang lainnya, dikenal pula dengan sebutan split level. Sebuah rumah dapat dikatakan split level jika sedikitnya memiliki tga tngkatan (level) dalam pembagian lantainya. Desain ini mengacu pada rumah dua lantai, yang disisipi satu lantai diantaranya.

Dinamis, Akomodir Banyak Ruang

Konsep split level, umumnya diterapkan pada rumah-rumah di lahan berkontur. Namun, tak jarang konsep ini juga diaplikasikan di rumah-rumah biasa, terutama yang memiliki keterbatasan lahan. Untuk lahan berkontur, rumah didesain mengikut tnggi rendah lahan, sehingga tdak perlu melakukan banyak cut dan fll (pengerukan dan pengurugan). Sebaliknya jika konsep ini diterapkan pada bangunan berlahan datar, perlu dilakukan pengurugan tanah, dengan menaikkan dulu setengah lantai. Pada rumah dengan luasan besar, desain split level dapat dimanfaatkan untuk menurunkan skala bangunannya, sehingga tdak terlihat terlalu tnggi. Selain terlihat dinamis dalam pergerakan ruang, split level bisa berfungsi untuk mempertegas perbedaan ruang, tanpa menggunakan pembatas dinding.Namun, konsep ini membuat keberadaan tangga sebagai sarana sirkulasi menjadi cukup banyak. Agar terlihat menarik, manfaatkan tangga menjadi elemen interior yang bisa diekspos

 

Split Level Rumah Mungil

Untuk rumah kecil, sebaiknya hindari konsep split level yang menggunakan banyak tangga, karena akan makin membuat sempit dengan banyaknya tangga. Ingat, tangga cukup memakan banyak ruang. Penerapan desain split level pada rumah kecil, bisa dengan memanfaatkan area bordes tangga (ruang peralihan) menjadi ruang tersendiri. Inilah yang membedakan desain split level dengan rumah bertngkat dua biasa. Fungsi ruang pada area peralihan tdak terbatas, disesuaikan dengan kebutuhan dan desain rumah. Untuk area tengah yang sifatnya publik, ruang peralihan bisa difungsikan sebagai ruang keluarga atau ruang kerja. Namun, tak menutup kemungkinan menempatkan kamar tdur di ruang peralihan. Tak jarang pula, desain split level menempatkan area pintu masuk utama di tengah diantara dua lantai. Saat pintu utama dibuka, akan terlihat satu tangga menuju ke atas, dan satu tangga menuju ke bawah. Garasi bisa ditempatkan di lantai dasar, dan memiliki akses langsung berupa beberapa undakan menuju ke ruang tengah.

Begitulah ide dalam desain rumah yang mungkin agar terasa luas. Oh ya jangan lupa bekali rumah anda dengan genset perkins. dengan adanya genset aktifitas penghuni rumah tidak akan terganggu, karena pasokan listrik akan selalu terjaga, meskipun listrik dari PLN mati. Harga genset perkins pun cukup terjangkau untuk kebutuhan rumah probadi kami rasa cukup dengan anggaran genset perkins seharga 5 jutaan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *