Memulai Bisnis Mainan? Ikuti 5 Tips Berikut Ini

Diposting pada

Jual Playground – Mainan dan anak-anak tidak dapat terlepaskan satu sama lain. Bermain merupakan salah satu kegiatan yang selalu dilakukan anak-anak. Dengan bermain, anak-anak dapat mengeksplor dunianya sendiri. Selain itu, bermain secara tidak langsung juga dapat membantu perkembangan motorik maupun fisik, dan juga perkembangan otak mereka. Mainan anak telah berkembang pesat dari tahun ke tahun sehingga menyebabkan banyaknya permintaan dari konsumen. Hal ini tentu menjadi salah satu peluang bagi Anda yang ingin memulai berbisnis. Lalu bagaimana cara memulai bisnis mainan anak yang memiliki peluang besar ini? Ikuti tips Jurnal berikut ini.

Pilih Lokasi Penjualan

Lokasi sangat menentukan laku atau tidaknya mainan yang Anda jual. Coba carilah lokasi yang dekat dengan sekolah, tempat bermain anak (playground), atau tempat-tempat lain yang sering dikunjungi oleh target market. Namun, bagi Anda yang belum memiliki cukup modal untuk memiliki toko mainan offline, Anda dapat menjualnya secara online. Dengan memanfaatkan Internet, jangkauan yang dapat dicapai tidak akan terbatas sehingga Anda dapat memasarkan produk hingga luar kota, pulau, maupun luar negeri.

Tentukan Jenis Mainan

Sebelum menentukan jenis mainan apa yang ingin dijual, Anda harus menentukan target marketnya terlebih dahulu. Misalnya target Anda adalah anak-anak di bawah usia 2 tahun, itu artinya Anda harus menjual mainan dengan bentuk yang besar agar tidak mudah tertelan. Dengan menentukan jenis mainan yang ingin dijual, Anda dapat memudahkan konsumen saat memilih jenis mainan yang cocok dengan usia anak.

Manfaatkan Momen Tertentu

Mainan merupakan bisnis musiman. Bisnis ini akan sepi di masa-masa tertentu seperti kenaikan kelas. Dan akan melonjak permintaannya ketika momen lebaran, liburan, maupun natal. Tak perlu khawatir, dengan adanya fakta ini, Anda akan lebih mudah merencanakan  strategi agar penjualan tetap stabil. Misalnya, Anda dapat memberikan promo bundling mainan yang berhadiah perlengkapan sekolah selama masa kenaikan kelas.

Mempromosikan Barang Sisa

Bisnis mainan sangat ditentukan oleh tren di kalangan anak-anak. Selain itu, anak-anak juga sering merasa bosan, sehingga ia akan mencari mainan baru yang memiliki tantangan lebih dari mainan lamanya. Meski tidak memiliki masa kadaluarsa, menyimpan stok terlalu lama tentu membuat mainan dalam gudang berisiko cepat rusak sehingga mengakibatkan kerugian perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menjualnya dengan promosi diskon atau bonus yang tentunya akan menarik pelanggan untuk melakukan pembelian.

Lakukan Negosiasi dengan Supplier

Dalam sebuah bisnis, mencari supplier yang tepat dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan beberapa pilihan supplier, Anda dapat mendapatkan harga ataupun penawaran yang terbaik sesuai yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan negosiasi tentang syarat pembayaran, meminta diskon ataupun bonus. Tak hanya itu, ada beberapa supplier yang dapat memberikan pinjam barang sehingga Anda dapat mengembalikan stok yang tidak laku dipasaran dan membayar barang yang telah laku terjual. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis pemula yang hanya memiliki modal kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *