Pengertian Sepak Bola

Diposting pada

Nonton Streaming Bola – Sepak bola adalah cabang olahraga yang manfaatkan bola yang kebanyakan terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan lebih dari satu pemain cadangan.
Sepak Bola berasal dari dua kata yakni “Sepa”dan “Bola”. Sepak bermakna menendang (menggunakan kaki) sedang “bola” adalah alat permainan yang berwujud bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya. Dalam permainan sepak bola, sebuah bola disepak atau tendang oleh para pemain kian kemari.
Tujuan dari permainan sepak bola adalah memasukan bola ke gawang lawan. Tim yang sukses mencetak gol paling banyak terhadap akhir pertandingan menjadi pemenangnya.
Pemain

Dalam satu regu pemain sepak bola berjumlah 11 orang. Adapun tugas dari tiap tiap pemain adalah sebagai berikut.
• 1 orang penjaga gawang adalah cuma satu pemain didalam sebuah tim yang boleh manfaatkan tangan untuk menghambat bola menuju gawang dari serangan tim lawan.
• 2-4 orang pemain bertahan (back) punya tugas utama untuk menghambat dan menutup pergerakan tim lawan.
• 2-5 orang pemain sedang (gelandang/playmaker) Tugas utama dari pemain sedang adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker didalam tim.
• 1-3 orang penyerang (striker) punya tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.
• Ada pula pemain sayap (winger) yang bertugas di segi kanan atau kiri lapangan.
• Kapten tim yakni jabatan seseorang yang terpilih di antara para pemain yang bertugas memimpin dan mengoordinasi para pemain sehingga bermain secara tim di lapangan.

Lapangan permainan
Ukuran lapangan yang digunakan untuk pertandingan internasional dewasa, punya panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di anggota sedang kedua ujung lapangan, terkandung daerah gawang yang berwujud persegi empat berukuran bersama lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.
Di anggota depan dari gawang terkandung daerah penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola bersama tangan dan memilih kapan sebuah pelanggaran meraih hadiah tendangan penalti atau tidak.
Lama permainan
Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, dilengkapi istirahat selama 15 menit di antara kedua babak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *