Waspada agar tidak mencuci ayam sebelum dimasak..ini alsannya.

Diposting pada

Ayam Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Ini Alasannya

Para berpengalaman kesehatan makanan menganjurkan untuk tidak membasuh ayam sebelum memasaknya. Hal ini sehubungan dengan kesehatan.

Dilansir dari Fox News (4/9) ayam tergolong bahan makanan yang paling tidak sedikit diolah. Tapi tidak sedikit perdebatan yang terjadi soal teknik membasuh ayam.

Para profesional bidang kesehatan dan keselamatan menganjurkan untuk tidak membasuh ayam sebelum dimasak. Alasannya sebab untuk mengurangi penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang.

Kebanyakan orang beranggapan kalau membasuh ayam dapat membersihkan kotoran sebenarnya dalam ayam mentah tidak sedikit berisi bakteri campylobacter dan salmonella. Bakteri ini tidak akan dapat dihilangkan dengan teknik dicuci.

Berdasarkan keterangan dari UK National Health Service, membasuh ayam mentah melulu akan menciptakan persebaran bakteri lebih luas. Air bekas cucian ayam dikhawatirkan bakal terciprat ke wastafel, meja dan bahkan perangkat masak lainnya.

USDA menyatakan, satu-satunya teknik mengusir bakteri pada ayam mentah ialah memasaknya dengan suhu yang tepat. Sebenarnya aturan ini pun berlaku guna daging dan jenis ikan.

Bahkan koki profesional pun mengungkapkan pendapat soal urusan ini. Julia Child ialah chef yang setuju membasuh ayam, sedangkan Ina Garten dengan tegas menolak membasuh ayam.

Baca juga: Pabrik Slondok Magelang

                   Agen Slondok Magelang

Jika Anda tergolong orang yang terbiasa membasuh ayam sebelum memasaknya, boleh tetap melakukannya asalkan ayam dibersihkan dengan benar. Seorang peneliti ketenteraman pangan dari Drexel University, Jennifer Quinlan, menganjurkan setelah membasuh ayam, paling tidak mesti dikeringkan dengan tisu dapur.

Pastikan pun untuk membasuh ayam secara perlahan supaya tidak ada percikan air berisi bakteri yang bakal tercemar. Setelah membasuh ayam, Anda pun harus membasuh tangan sampai benar-benar bersih sebelum memegang makanan ataupun perangkat dapur lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *